6 Langkah Penerimaan Media Mikrobiologi di Laboratorium

Media Mikrobiologi adalah salah satu bahan consumable yang banyak digunakan di laboratorium. Jika di sebuah laboratorium terdapat laboratorium mikrobiologi, sudah pasti dibutuhkan media mikrobiologi secara rutin.
Media mikrobiologi, seperti bahan bahan di laboratorium yang lain, harus dipastikan diterima dengan baik di laboratorium. Karena bahan yang baik akan menentukan kualitas analisa. Media Mikrobiologi juga perlu disimpan dalam kondisi yang benar. Walaupun sudah ada waktu expired date, penyimpanan media mikrobiologi yang tidak benar akan mempercepat proses penurunan kualitas media mikrobiologi tersebut.
Dokumentasi pada penerimaan barang yang baik juga akan meminimalisasi terjadinya ketidak tersediaan stok produk pada gudang sehingga menghambat analisa.
Berikut adalah 6 langkah yang dapat dilakukan ketika menerima media  mikrobiologi di laboratorium.
1. Pastikan Nama, No katalog dan packing yang datang sesuai dengan yang kita pesan.
Pada beberapa vendor terdapat produk produk yang  mempunyai nama yang hampir sama, misalnya produk yang sama dengan bentuk cair atau padatan. Ukuran packing juga perlu diperhatikan karena perbedaan ukuran packing biasanya dibedakan dengan kode penomeran setelah no katalog.
Perhatikan contoh berikut,
Egg yolk emulsion dan egg yolk tellurite emulsion
Pseudomonas CFC Selective supplement dan pseudomonas CN Selective Supplement
Sabaroud 2 % Dextrose Agar dan Sabaroud 2 % Dextrose broth
2. Batas kadaluarsa ( Expired Date )
Perlu diperhatikan waktu batas kadaluarsa dari media mikrobiologi yang diterima. Waktu batas kadaluarsa yang umum tergantung jenis medianya adalah 3 – 5  tahun. Beberapa media khusus mempunyai batas kadaluarsa yang lebih singkat.  Diskusikan ke vendor jika media mikrobiologi yang anda terima hanya mempunyai kurang dari 50 persen dari masa kadaluarsa seharusnya.
Media yang sudah jadi ( prepare media microbiology ) , supplement media mikrobiologi dan beberapa media cair mempunyai batas kadaluarsa yang lebih singkat,  misalnya egg yolk yang hanya mempunyai batas kadaluarsa satu tahun.
3. Certificate of Analysis
Setiap menerima media mikrobiologi usahakan untuk minta disertakan Certicate of Analysis untuk setiap produk. Hal ini untuk menjamin keaslian dari produk tersebut. Certifikate of Analysis juga membantu kita memberikan informasi penting seperti tanggal pembuatan, tanggal kadaluarsa, analisa qulaity control yang telah dilakukan untuk media tersebut dan warna yang dihasilkan jika ditanam dengan bakteri tertentu.
Selain CoA, Dokumen yang yang bisa diminta ( biasanya tidak disertakan ) adalah BSE/TSE Certificate ( asal negara dari bahan baku ), Material safety data Sheet ( MSDS ) dan technical data sheet.
Pada beberapa vendor CoA bisa di download langsung ke website mereka.
4. Dokumentasi.
Adalah sangat penting untuk segera mencatat media mikrobiologi yang diterima kedalam buku stok atau kertas stok. Jika anda menerima media mikrobiology lebih dari satu, tulis di botol tanggal penerimaan dan botol keberapa, misalnya jika kita menerima 4 botol TSA, maka ditulis 15/01/2011 1 of 4, 15/01/2011 2 of 4 dan seterusnya.
Untuk kemudahan administrasi First In First Out ( FIFO ) gunakan selalu botol pertama, sehingga jika botol terakhir sudah digunakan , misalnya 4 of 4, kita diingatkan untuk melakukan pemesanan kembali.
5. Perhatikan label untuk perbedaan penanganan dan penyimpanan
Tidak semua media microbiologi aman bagi kita. Perhatikan label tanda bahaya untuk memisahkan penanganan dan penyimpanan.  Perlakukan media mikrobiologi dengan tanda tengkorak dengan menggunakan alat pelindung diri yang sesuai. Simpan media mikrobiologi sesuai dengan label untuk meminimalisasi percepatan kerusakan.
6. Pengiriman dengan kondisi spesial.
Media mikrobiologi seperti egg yolk dan egg yolk tellurite emulsions  harus disimpan 2 – 8 C selama pengiriman. Jika Anda memesan media mikrobiologi dengan kondisi khusus seperti itu, pastikan anda menerimanya dengan menggunakan dry ice atau alat lain yang menjamin pengaturan suhu selama dalam pengiriman.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar